Pages

Ads 468x60px


Contact Our Support
admin@rumahexcel.com

Menu Atas

Simpan setiap sheet dalam buku kerja Excel

Save Sheets
Secara default setiap kita membuat dokumen baru Microsoft Excel, kita akan diberi bekal 3 (tiga) lembar kerja dengan masing-masing nama sheet1, Sheet2, dan sheet3. Dengan modal 'hanya' 3 buah lembar kerja inilah sebuah database dibangun.

Barangkali beberapa pengguna Microsoft Excel akan memanfaatkan setiap lembar kerja yang ada sehingga tidak ada satupun lembar kerja yang kosong, atau mungkin juga terdapat beberapa pengguna lain yang membiarkan salah satu atau beberapa lembar kerja lain tidak diisi data alias kosong.

Download
Simpan setiap sheet dalam buku kerja Excel


Terlepas dari lembar kerja tersebut berisi data atau tidak, serta berapapun jumlah lembar kerja yang aktif dalam buku kerja Microsoft excel. Mungkin anda pernah bertanya, bagaimana caranya menyimpan setiap lembar tersebut menjadi sebuah dokumen Microsoft Excel atau dengan kata lain memecah lembar kerja (sheet) menjadi beberapa bagian dan menyimpannya menjadi sebuah file.



Baris kode VBA untuk membuat seperti tampilan di atas adalah sebagai berikut
Dim Drive As String
Drive = Application.ActiveWorkbook.Path
Application.ScreenUpdating = False
Application.DisplayAlerts = False
For Each sht In ThisWorkbook.Sheets
   sht.Copy
   Application.ActiveWorkbook.SaveAs Filename:=Drive & "\" & sht.Name & ".xlsx"
   Application.ActiveWorkbook.Close False
Next
Application.DisplayAlerts = True
Application.ScreenUpdating = True
Catatan :
  • Simpan file terlebih dahulu sebelum mengeksekusi baris kode VBA di atas.
  • Usahakan tidak ada file dengan nama yang sama dengan nama setiap sheet dalam folder tempat anda menyimpan file tutorial ini, karena dalam baris kode vba terdapat sebuah perintah
    Application.DisplayAlerts = False
    dimana akan menonaktifkan semua pesan peringatan, dan bahkan akan menjalankan perintah 'Overwrite' jika dalam satu folder terdapat nama file yang sama dengan sheet.
Jika tidak ingin capek menuliskan baris kode tersebut, Anda dapat mengunduh hasil akhir dari tutorial ini di sini

semoga bermanfaat

jika ada pertanyaan atau kendala untuk tutorial ini silahkan hubungi
admin@rumahexcel.com


Ditulis oleh : Anto Ramana
Published : 18.06.15 | 13:22

Simpan setiap sheet dalam buku kerja Excel

Kategori : Macro VBA
belajar excel
Tutorial Excel Lainnya :

 
Top